Jumat, 30 Oktober 2020, WIB

Selasa, 28 Jul 2020, 11:11:59 WIB, 2740 View Administrator, Kategori : Umum

Disusun oleh :

Loso Riyanto

Penyuluh Kehutanan Muda

WKPK Prembun - Buluspesantren

 

Latar Belakang

Pandemi infeksi pernapasan CoViD-19 akibat virus SARS-CoV-2 meneror dunia. Perkembangan terjadi dalam hitungan hari, bahkan jam. Sejak kasus pneumonia akibat virus SARS-CoV-2 merebak di Wuhan, para penganjur herbal menyarankan konsumsi rimpang herbal Nusantara seperti jahe, jahe merah, temulawak, atau kunyit.

Khasiat Jamu

Khasiat yang diunggulkan secara umum antara lain :

  1. mendukung sistem metabolisme tubuh,
  2. anti jamur dan bakteri,
  3. meredakan peradangan,
  4. mencegah radikal bebas,
  5. meningkatkan imunitas tubuh,
  6. menyembuhkan flu dan batuk, dan masih banyak lagi khasiat laninnya bagi tubuh.

BUDIDAYA TANAMAN BAWAH TEGAKAN (BTBT)

Sejalan dengan pemikiran lama sistem Agroforestry telah menerapkan hal tersebut guna meningkatkan pendapatan petani di lahan hutan. Salah satunya pengembangan tanaman empon-empon (Jahe, sereh, kunyit, kapulaga, lengkuas) di bawah tegakan tanaman hutan.

Praktek penanaman empon-empon di bawah tegakan banyak diaplikasikan pada tegakan dalam kawasan Hutan Produksi maupun Hutan Rakyat, meliputi : Kapulaga, jahe, sereh dan berbagai jenis temu-temuan, karena ditengarai jenis tersebut dapat tumbuh baik di bawah naungan.

Kunyit                                                 Temu Lawak                                                   Jahe

Kapulaga                                          Sereh                                                             Lengkuas

Ketumbar                                      Lada Putih                                       Lada Hitam

Kencur                                              Jinten                                            Kayu Manis

Bahan herba seperti temulawak, jahe, kencur, pegagan, kayumanis, atau cabai jamu. Merupakan bahan dasar jamu khususnya temulawak dan kunyit untuk meningkatkan kinerja lambung dan hati. Lambung salah satu pemroses vital dalam tubuh. Kalau pemrosesnya baik, semua menjadi seimbang. Kalau tubuh seimbang, kesehatan pun terjaga. Demikian juga kinerja sistem kekebalan tubuh. Secara alami bakteri maupun virus berada dalam tubuh, tapi selama kekebalan tubuh baik orang tidak sakit.

Banyak orang yang kekebalan tubuhnya baik seperti beberapa olahragawan dunia nyatanya terkena korona. Pemicunya karena mereka terpapar oleh penderita. Sementara orang yang kekebalan tubuhnya biasa saja justru sehat karena mereka menghindarkan diri dari keramaian atau konsisten menggunakan alat pelindung.

Obat-obatan alam memang mempunyai khasiat meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, mekanismenya berbeda dengan bahan farmasi modern. Penyakit korona itu tragedi dunia yang menimbulkan korban jiwa. Dampak sosial ekonominya luar biasa. kaidah farmasi yang menuntut adanya pembuktian. Walaupun rimpang herbal asli Indonesia itu terbukti aman. Kunyit, temulawak, lengkuas, atau jahe tiap hari tersedia di pasar. Siapa saja bisa membeli, mengolah, atau mengonsumsi. Tidak ada aturannya. Pemerintah juga tidak membatasi penjualan maupun konsumsi kunyit.

Anugerah Tuhan berupa tanah subur membuat kita terlena. Budaya kita selalu mengolah segar. Semua teknik pengawetan, baik itu dengan membuat manisan atau asinan saja datang dari negeri lain. Akibatnya ketika ruang makin sempit seperti sekarang, kita mengalami kelangkaan banyak bahan alam.

Kita semua berharap pada tahun mendatang semua orang Indonesia sehat. Dengan mengajak orang Indonesia mengonsumsi produk Indonesia dengan membuat jamu berbahan asli negeri ini. Kalau membuat produk dengan lisensi mancanegara, ada uang kita yang mengalir kepada pemegang lisensi dari tiap produk yang terjual.

Kalau kita membuat sendiri, kita menyehatkan masyarakat kita sendiri. Pendapatannya pun tidak mengalir kepada orang di luar negeri. Kemampuan membuat jamu itu menjadi keahlian banyak masyarakat kita. Dengan konsumsi jamu, kita membuktikan bahwa kita mencintai dan mengonsumsi produk sendiri. Dengan bekerja sama dengan petani binaan di berbagai daerah petani menjadi untung karena mengalami kenaikan harga beli, malah bagus.



Selasa, 28 Jul 2020 JAMU MENINGKATKAN KEKEBALAN TUBUH


Tuliskan Komentar


A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'imagick' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: