Selasa, 11 Desember 2018, WIB

Senin, 04 Jun 2018, 05:21:57 WIB, 1978 View Administrator, Kategori : Kehutanan

KARANGGAYAM – Curug Sikebut di Desa Ginandong Kecamatan Karangayam bisa menjadi tempat yang sangat menarik bagi pecinta olahraga alam bebas. Bukan hanya akan disuguhi pemandangan nan indah, tapi sepanjang perjalanan akan dihadapkan dengan jalur yang sangat menantang.

Namun sebenarnya tidak, Curug yang ada di Dusun Sibelet ini berjarak sekiar 200 meter dari perkampungan penduduk setempat. Karena informasi yang masih kurang, banyak pengunjung justru menggunakan rute lain yang lebih jauh, yakni dengan menyelusuri sungai sungai dipinggiran hutan Desa Ginandong atau melalui hilir.

Namun demikian dengan menyelusuri sungai tersebut justru akan menemui sejumlah curug kecil, salah satunya Curug Ginandong. Curug Sikebut memiliki ketinggian sekira 30 meter dengan dua aliran air yang terpisah dekat. Suasana alamnya masih alami dengan pemandangan hutan pinus Perhutani juga kebun-kebun penduduk.

Curug Sikebut berada di lereng Bukit Keseneng (338 m/dpl) dan Bukit Igir Kunir (402 m/dpl). Bukit yang juga menjadi hulu dari Curug Kedondong di Desa Gunungsari kecamatan Karanggayam. Keunikan Curug Sikebut adalah gemericik air nya yang jatuh akan terhempas angin pegunungan membuat sensasi dibawah curug menjadi segar dan berbeda.

Tak jarang muncul pelangi dibawah Curug yang berad di anak Sungai Kedungtangkil ini. Curug Sikebut bukanlah tempat wisata yang dikelola sehingga tak ada fasilitas apapun disana. Waktu yang tepat berkunjung ke Curug Sikebut adalah pada musim penghujan. Pasalnya, Curug Sikebut akan kering jika musim kemarau tiba. Curug Sikebut berjarak sekiar 25 Km dari Kota Kebumen dan 14 Km ke utara dari kota Kecamatan Karanganyar. (LintasKebumen©2015)

 

SUMBER : https://lintaskebumen.wordpress.com/



Senin, 04 Jun 2018 BUDIDAYA KAPULAGA


Tuliskan Komentar